Pembangunan Aspal Karet di Muba Mampu Tekan Inflasi

Pembangunan Aspal Karet di Muba Mampu Tekan Inflasi

DUTANETT – Inovasi percepatan pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin  sangat efektif menekan angka inflasi di bumi Serasan Sekate.

“Untuk menekan inflasi, kita harus memutus rantai distribusi. Caranya dengan inovasi pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok daerah. Langkah ini  meningkatkan sentra-sentra produksi dan dengan sendirinya inflasi dapat turun dan stabil,” ungkap Dodi usai menghadiri rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2019 di Ballroom Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, Kamis (25/7).

Inovasi pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan yakni diantaranya pembangunan jalan menggunakan bahan campuran karet yang diserap dari kalangan petani rakyat. Sampai sekarang Muba telah membangun jalan bermateri campuran karet di lima ruas jalan sejumlah kecamatan. Pembangunan jalan aspal karet ini menyerap hingga Rp12 miliar dari APBD. Bahkan atas pembangunan jalan aspal karet ini Muba dihadiahi oleh Kementrian PUPR berupa DAK senilai Rp 28 miliar. Dana ini sebagai apresiasi atas kinerja PUPR Muba melakukan inovasi.  Ditambah Dana Bantuan Kementerian PU PR sebesar Rp. 20 Milyar, sehingga Total keseluruhan pembangunan jalan beraspal karet Di Musi Banyuasin Tahun 2019 sebesar 60,5 Milyar

“Inovasi pembangunan jalan aspal karet ini diharapkan mampu menyerap puluhan ton karet. Sehingga efektif  mendongkrak daya jual-beli karet langsung ke petani rakyat,” terangnya.

Peningkatan jalan memicu arus produksi dan sangat menunjang peningkatan jalur distribusi di Muba. “Kebijakan Pemkab Muba juga menyasar bidang distribusi dengan membangun infrastruktur. Kita juga lakukan inovasi  agar produksi dan pasokan petani bisa ditingkatkan. Intinya kita akan maksimalkan APBD dengan prioritas pembangunan infrastruktur untuk menekan inflasi,” termasuk kita mendapat Suport pinjaman  dari Dana SMI salah satu BUMN dengan bunga rendah dibandingkan dengan Pinajaman Bank sebagai bahan percepatan Pembangunan infrastruktur Khusus jalan konektivitas antar desa dan antar kecamatan semua tujuanya tidak lain untuk memotong jalur distribusi dan memudahkan masyarakat muba untuk mengangkut hasil kebun masyarakat muba tegasnya.

Tags: , , , ,
banner 468x60