Ini Alasan Mengapa Masakan Nenek Selalu Enak

Ini Alasan Mengapa Masakan Nenek Selalu Enak

DUTANETT – Semewah apapun restoran yang pernah Anda datangi, pasti banyak dari kita yang setuju bahwa tetap saja yang namanya masakan terenak di dunia itu adalah masakan nenek.

Ya, masakan nenek biasanya memang jawaban yang terpikirkan ketika berpikir tentang masakan terbaik di hidup kita. Terlebih lagi, masakan nenek juga tak jarang mengandung cerita klasik tersendiri yang mengingatkan banyak orang tentang masa kecil.

Bicara soal kelezatan masakan nenek, pernahkah kita bertanya-tanya sebetulnya kenapa ya masakan nenek itu selalu enak dan kenapa masakan kita tidak pernah bisa menyamai kelezatannya, padahal bahan-bahan bahkan hingga peralatan masak yang dipakai itu sudah sama.

Well, daripada penasaran, berikut ini ada ulasan singkat soal alasan mengapa masakan nenek selalu enak. Sebagaimana dilansir Thedailymeal, Rabu (9/4).

Menanam sendiri bahan-bahan :

Rumah belum rumah sejati jika tidak mempunyai kebun atau taman kecil, yang mana menjadi tempat bagi nenek untuk menanam sendiri bahan-bahan masakannya. Contohnya, tak ada yang mengalahkan kesegaran tomat hasil kebun sendiri ketika diolah menjadi saus pasta bukan?

Membuat semuanya dari nol :

Scratch, alias membuat semuanya dari nol. Misalnya saat membuat mi, pasta, roti, biasanya seorang nenek lebih menyukai memasak hidangan tersebut dengan adonan yang ia buat sendiri dengan tangan. Bahkan isian daging untuk roti atau bakpau, yang mana nenek lebih memilih mencincang daging segar sendiri dibanding membeli daging olahan siap pakai di supermarket.

Tidak takut lemak dan bumbu :

Dalam memasak, yang namanya nenek itu disebutkan tidak takut akan lemak dan permainan bumbu. Misalnya, alih-alih menggoreng telur dengan menggunakan minyak sayur, telur digoreng dengan minyak sisa memanggang daging. Begitu juga dengan bumbu, garam memang tak begitu bagus untuk tekanan darah tapi memasak dengan berani bumbu adalah kuncinya. Membumbui air rebusan pasta dengan garam sebelum merebus pasta, atau mengungkep ayam atau daging sapi semalaman dengan bumbu . Jika ingin masakan enak, jangan lupakan garam dan lada sebagai kunci utama.

Paham akan bahan pengganti :

Tidak punya bahan A sebagai bahan utama, nenek tidak akan kehabisan akal dan panik. Berbekal pengalaman dan pengetahuan, nenek akan bisa mengganti kehadiran bahan A tersebut, dengan mengkombinasikan bahan B dengan C namun tetap menghasilkan rasa dan tekstur masakan yang sama.

Memasak dengan selera dan cinta :

Dalam memasak, nenek tidak membutuhkan segala kitchen gadgets canggih hanya untuk membuat masakannya tepat dan sempurna. Sebab nenek memasak dengan selera, sentuhan, dan tektur serta cinta. Inilah yang membuat kenapa masakan nenek selalu enak padahal ia tidak punya resep pasti, dan ketika kita mencoba menirunya (dengan bahan dan teknik yang sama), hasil akhirnya tetap akan berbeda.

Pengalaman :

Tidak hanya dengan cinta, sentuhan, selera, dan tekstur, nenek kita juga memasak dengan pengalaman. Ya, sebagai seseorang yang memiliki pengalaman memasak yang tak perlu lagi dipertanyakan, sebab nenek lah yang memasak hidangan –hidangan klasik di keluarga selama turun-temurun. Begitu juga dengan kita, setelah kita memasak hidangan-hidangan tertentu selama

beberapa waktu, begitu tiba waktunya kita menjadi seorang nenek, maka tentu kita akan menjadi ahli bukan?

 

Editor: odank

Tags: , , , ,
banner 468x60